Rabu, 06 Juni 2012

SUNGAI MUSI



Sungai Musi ini panjangnya 460 km membelah Propinsi Sumatera Selatan dari Timur ke Barat yang bercabang-cabang dengan delapan anak sungai besar yaitu: Sungai Komering, Ogan, Lematang, Kelingi, Lakitan, Semangus, Rawas dan Batanghari Leko. Karena itu Sumatera Selatan dikenal dengan julukan Batanghari Sembilan.

Mengapa dinamai Sungai Musi dan kapan nama tersebut mulai dipakai, tidak ada yang tahu pasti. Nama Musi ini terdapat di India, terjadinya hubungan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan di India atau nama tersebut diambil dari salah satu bahasa daerah Kayuagung “Musi Berarti Ikut” Apakah Musi berarti aliran masih perlu penelitian lebih lanjut. Pada saat menelusuri Sungai Musi ini kita dapat melihat pemukiman penduduk seperti Rumah Rakit, PT. Pusri, Pertamina, daerah Bagus Kuning, Masjid Lawang Kidul, Masjid Ki Merogan, Benteng Kuto Besak, Warung Terapung dan kegiatan masyarakat di sepanjang Sungai Musi tersebut.

Di perairan Sungai Musi ini pada setiap Hari jadi Kota Palembang dan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI diadakanlah lomba Perahu Bidar dan Perahu Motor Hias. Masyarakat yang menyaksikan peristiwa tidak hanya masyarakat kota Palembang bahkan wisatawan mancanegara. Untuk menikmati keindahan Sungai Musi dapat menggunakan Ketek, Speed Noat atau untuk rombongan dengan jumlah besar dapat menggunakan Kapal Wisata “Sigentar Alam” dan Kapal “Putri Kembang Dadar”.




0 komentar:

Posting Komentar